Monday, September 24, 2012

ekosistem



EKOSISTEM

Apakah kalian hidup sendirian di bumi ini ?

Untuk menjawabnya jangan jauh-jauh dulu ya…. ! apabila di rumah kamu,  yang tinggal bukan hanya kita saja, ada orang tua, saudara, tetangga dan lainnya (ya… kan). Owh berarti jawabannya kita tidak tinggal sendirian di bumi ini ya….. :D

Nah sekarang perhatikanlah disekitar kamu, di bumi ini kita tidak hidup sendiri. Selain ada kita sebagai manusia, kita dapat menjumpai adanya hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya, tetapi di bumi ini bukan hanya makhluk hidup saja yang menyusun komponen bumi, ternyata ada makhluk yang tak hidup juga yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, seperti air.

Dimana antara makhluk hidup dan makhluk hidup yang lainnya akan saling membutuhkan contoh: kita sebagai manusia membutuhkan ayam untuk bahan makanan, begitu pula ayam peliharaan membutuhkan manusia untuk diberi makan. Selain manusia membutuhkan makhluk hidup yang lain, ternyata makhluk hidup pun membutuhkan makhluk tak hidup. Contoh : manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci dan lainya, dan udara untuk bernafas.

 Maka dari deskripsi diatas, kita sudah bisa menarik kesimpulan, yang dimaksud EKOSISTEM adalah sistem alam yang dibentuk dari interaksi antar makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan faktor lingkungannya pada suatu kawasan tertentu.

Ekosistem diperkenalkan oleh Tansley (1935), kemudian dikembangkan oleh pakar biologi jerman yaitu Ernts Haeckel yang mencetuskan istilah EKOLOGI yaitu ilmu yang mempelajari interaksi dalam ekosistem.

KOMPONEN EKOSISTEM
Komponen biotic (makhluk hidup), oh iya !!! ternyata makhluk hidup di bumi ini sangatlah beragam, seperti ada hewan (animalia), tumbuhan (plantae), jamur (fungi), amoeba (protista), bakteri (archaebakteria dan eubakteria). Mereka itu saling melakukan interaksi.
Berdasarkan jumlahnya dalam ekosistem, makhluk hidup dinyatakan berbagai satuan yaitu :

  1. Individu : makhluk hidup tunggal contoh : satu ekor bebek, setangkai padi, seekor siput.
  2. Populasi : sekumpulan makhluk sejenis atau satu spesies yang menempati suatu kawasan tertentu dan mampu melakukan untuk berbiak silang, contoh : sekelompok bebek, sekelompok padi, sekelompok siput.
  3. Komunitas : interkasi antar populasi pada suatu area tertentu, contoh dalam suatu kolam sawah terdapat komunitas makhluk hidup yang berinteraksi, contoh ada kelompok padi, bebek dan siput yang saling membutuhkan/hubungan (interaksi).

Komponen abiotik (makhluk tak hidup), nah ketika kita hidup pasti kita membutuhkan makhluk yang mati ! he..he..he ! contoh ya: manusia membutuhkan air untuk minum (air gak hidup kan ??), nah sekarang yang termasuk komponen abiotik adalah : cahaya, udara, air, batu dan tanah, suhu dan topografi

apabila seluruh ekosistem di muka bumi ini disatukan maka akan dikenal dengan istilah BIOSFER
Baca juga artikel macam-macam interaksi dalam ekosistem ya…..

No comments:

Post a Comment